Minggu, 14 Desember 2014

Rekreasi Elephant Conservation

Gajah Sumatera
Anda dari kota pekanbaru yang sedang liburan, atau mau weekend yang mengasyikkan ?, tapi masih bingung mau pergi kemana, udah disini ada tempat yang mengasyikkan dan juga mendidik bagi anak-anak anda, yakni pelatihan gajah sumatera, gak perlu jauh-jauh pergi ke lampung untuk melihat gajah, di kabupaten siak tepatnya di Minas, yang kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota pekanbaru.
          Nah, di sini tepatnya Pusat Latihan Gajah Riau yang berada di Minas ini berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasim yang dibawah pengawasan Kementerian kehutanan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Balai  Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau. Terdapat 22 ekor gajah yang berada di Pusat latihan Gajah Minas ini.

          Sudah banyak kita mendengar banyaknya pencurian gading gajah oleh masyarakat di Indonesia yang menjadikan gading itu untuk di jual kepada kolektor, pengambilan gading gajah ini sangat memprihatinkan karena banyaknya gajah yang menjadi korban dari orang-orang yang tega membunuh gajah tersebut, tak hanya itu, bahkan tanpa kita sadari orang-orang atau perusahaan yang mengelola kebun sawit yang dengan sangat leluasa membakar, menebang hutan yang seharusnya menjadi habitatnya gajah-gajah ini.
          Dengan banyaknya perlakuan manusia yang merusak hutan, tak sedikit hewan-hewan yang berada di dalam hutan tersebut yang keluar untuk mencari tempat yang baru dengan memasuki pemukiman penduduk, dan tak sedikit manusia yang menjadi korban.

          Naah, dengan kita pergi ber rekreasi ke hutan raya yang berada di kota minas ini, kita bisa tahu akan populasi dan informasi tentang gajah tersebut, dan anda yang kesana bisa menaiki, melihat aktivitas gajah di tempat pelatihan gajah ini, di sana kita akan menyadarai bahwa pentingnya untuk menjaga hutan. Untuk kondisi perjalanan yang kita tempuh, medan yang tak sulit, hanya saja pemandangan kebun sawit serta pipa-pipa minyak yang besar. Bila telah sampai di sana kita akan melihat aktivitas gajah sumatera.

          Niiih, ada satu yang harus agan-agan tahu, kesana sebaiknya pada waktu pagi atau sore hari, kenapa ?, karena pada saat itu aktivitas gajah mandi, makan terjadi di sore hari, kita juga bisa memberikan makan kepada gajah-gajah itu. Oke, Welcome to Minas J gak bakalan menyesal untuk pergi ke hutan raya Sultan Syarif Qasim ini.. Visit Indonesia..


0 komentar: