Jumat, 09 Januari 2015

Berselancar di Tingginya Ombak Bono

Hal mustahil yang timbul di benak kita ingin menikmati ombak di sungai, tapi menurut sebagian orang itu adalah hal yang mustahil untuk berselancar disungai. Tapi apa yang kita pikirkan tadi akan buyar seketika bila kita mengetahui akan adanya ombak disungai yang besar dan yang pastinya kita bisa berselancar menikmati ombak tersebut. Nah, di kabupaten Kampar ada yang namanya sungai bono yang mana di sungai ini akan membuyarkan kemustahilan yang kita pikirkan tadi. Jadi, di sungai bono yang terletak tepatnya di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.
Ini bukti bahwa alam Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat menarik, sungai ini yang sudah dinamakan oleh masyarakat sekitar yakni ombak bono ini telah menarik banyak wisatawan dari dalam maupun mancanegara yang datang untuk berselancar sambil menikmati indahnya alam disungai Kampar ini. Dan salah satu yang harus diketahui oleh para penikmat ombak, adalah harus mengetahui waktu yang tepat untuk berselancar, pada tanggal sepuluh sampai dua puluh tepatnya pertengahan bulan, dari bulan agustus hingga bulan desember yang memiliki ombak yang tingginya maksimal. Dan pada saat bulan yang lain ombak bono nyaris tidak ada bahkan tidak ada sama sekali, pada musim-musim in ombak bono mampu mencapai kecepatan 40 km/jam, ini di karenakan pada saat itu air laut akan pasang dan angin
akan bertiup kencang, sehingga menimbulkan ombak yang bergulung dan tinggi.
Bono dikenal juga dengan sebutan gelombang tujuh hantu (Seven Ghosts). Hal tersebut dikarenakan gelombang yang dihasilkan bisa mencapai tujuh lapis gelombang berurutan dan bahkan dapat menciptakan kubah (barrel), tak ubahnya gelombang di laut. Uniknya lagi, gelombang ini bahkan bergulung-gulung dalam durasi waktu yang jauh lama (bisa hingga 2 jam) apabila dibandingkan dengan gelombang di lautan biasanya memanjakan peselancar hanya dalam bilangan menit saja. Karena kehebatannya, gelombang Bono tidak disarankan untuk peselancar pemula.

Nah bagi anda yang tertarik akan ganasnya ombak bono ini tak ad salahnya untuk berkunjung dan melestarikan alam sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak alam, sayangi Indonesia,Visit Indonesia.

0 komentar: