Senin, 15 Desember 2014

Test Potential

     Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)
      Cara Lain Mengetahui Potensi Diri




Beberapa dari kalian pasti kenal dengan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) bukan? ini merupakan salah satu test yang akan memberikan tentang potensi dari diri kita. kita juga harus tau kita berpotensi dalam bidang apa dan dimana, karena kita harus mengetahui potensi diri kita supaya kita bisa menentukan profesi apa yang harus pilih dan potensi apa ynag harus kita dalami. 


Contoh nih, saya sudah tes berkali-kali (hahaha) dan saya mendapatkan INTP (terkadang INTJ) berarti personality saya adalah Introvert - Intuition - Thinking - Perceiving. MBTI keseluruhan memiliki 16 personality, antara lain:

Sang Penjaga (The Guardians)
ISTJ (the inspector)
ISFJ (the protector)
ESTJ (the supervisor)
ESFJ (the provider)

Sang Seniman/Pekerja Ahli (The Artisan)
ISTP (the craftsman)
ISFP (the composer)
ESTP (the dynamo)
ESFP (the performer)

Sang Idealis (The Idealist)
INFJ (the counselor)
INFP (the healer)
ENFJ (the teacher/the giver)
ENFP (the champion)

Sang Rasionalis (The Rasionalist)
INTJ (the mastermind/the strategist)
INTP (the philosopher/the thinker)
ENTP (the visionary)
ENTJ (the field marshall/the commander)

Dibawah ini akan saya cantumkan link tesnya. Ingat, tidak ada jawaban benar atau salah, dan tidak ada statment "satu type lebih baik daripada type lain". Sepanjang saya membaca, selalu ada orang yang membanding-bandingkan, siapa yang paling 'jenius' (kebanyakan adalah orang-orang INTP dan INTJ) dan menurut saya merupakan suatu kebodohan dan kesombongan menyatakan demikian. Setiap type memiliki peranan dan keistimewaannya masing-masing. Einstein dan Socrates merupakan INTP, Isaac Newton seorang INTJ sedang Da Vinci merupakan artisan luar biasa, mereka berdua jenius pada hal yang berbeda. Da Vinci tidak mengerti fisika atau menemukan teori relativitas, begitupula Einstein & Newton tidak bisa melukis The Last Supper-nya Da Vinci.
Seperti John Watson seorang ISFJ (the protector) pasti berbeda peranannya dengan Sherlock Holmes seorang INTP. Dr. Watson tidak bisa melakukan deduksi/kesimpulan seperti sahabatnya, sedang Holmes tidak akan sabar ketika menjadi pembimbing orang yang kesusahan seperti Dr.Watson. Jadi stop membanding-bandingkan type. Secara pribadi, saya benar-benar menyukai seorang ISFJ.

Ini dia testnya:
Bahasa Indonesia : (Klik Disini)
Bahasa Inggris (lebih akurat)
1. Similarminds
2. Human Metrics
3. Test dari Truity, lebih fun dan kere. Tapi harus register, namun free kok (Truity)

Test diatas merupakan estimasi saja. Test full harus melibatkan ekspert dalam MBTI, dan berbayar pula.
Ada beberapa kelemahan, terkadang kita bisa mendapatkan hasil tes berbeda-beda. Namun carilah yang paling mendekati. Ada beberapa revolusi lain dari MBTI, misalnya Tes Fungsi Kognisi, yang hasilnya juga 16 personality diatas, atau Socionics.

Silahkan mencoba ya... jangan lupa untuk di share ke teman-reman yang lain nya.. :)



0 komentar: