Selasa, 16 Desember 2014

Wisata Kota Dumai

Wisata Di Kota Dumai
Kota Dumai memiliki tempat wisata yang menyenangkan, seperti wisata alam, budaya dan belanjakota Dumai merupakan kota terluas di Indonesia, kota di pesisir timur Propinsi Riau ini mulai menggeliat menjadi mutiara di pantai timur Sumatera. Kota yang berjarak 202 km dari ibukota provinsi Riau ini yang memakan waktu perjalanan selama lebih kurang 5 jam. Kota dumai menyuguhkan tempat-tempat yang menarik wisatawan dari dalam maupun luar negri. Langsung saja, beberapa wisata yang mesti anda kunjungi bila kekota dumai :
Yang pertama Pantai Teluk Makmur :


Merupakan pantai yang terdekat dengan pulau Rupat, jaraknya 8 km dari pusat kota dumai.


Naah, abis ke pantai enaknya jalan-jalan ke tempat bersejarah di kota dumai yakni makam 
Makam Siti Laut



Situs cagar budaya ini terletak di Kelurahan Pangkalan Sesai, tepatnya di Jl. Teduh, atau sekitar 3 Km. dari pusat kota ke arah barat. Menurut cerita rakyat, Siti Laut merupakan seorang wanita yang setia pada rajanya. Kala itu dibuat galang lancang kuning (perahu), dan untuk menurunkan perahu itu ke air diperlukan syarat seorang wanita hamil jolong (hamil pertama kali). , yang rela dijadikan galang lancang kuning (perahu) untuk menurunkan perahu tersebut. Akhirnya perahu tersebut diberikan raja pada Siti Laut. Dan ada wisata kuliner yang bisa kita datangi yakni yang berada di jalan Ombak, sepanjang jalan ini banyak para pedagang kaki lima yang berjualan makan yang lezat, dan anda jangan sampai terkecoh, wisata kuliner ini hanya buka mulai sore hari hingga malam hari saja.
          Dan tak ketinggalan satu lagi yakni Pesinggrahan makam Putri Tujuh, ini merupakan makam para putri tujuh dari Kerajaan Sri Bunga Tanjung yang dikejar oleh kerajaan Timiang Aceh, yang berada di dalam kawasan Kilang minyak PT.Pertamina RU II Dumai, ada mitos yang beredar di makam ini, bahwa tidak boleh berfoto ria di kawasan makam, karena hasil yang kita jepret akan putih saja.

          Dan bila anda ingin membeli ikan-ikan segar yang baru datang dari laut, bisa kita dapati di pelabuhan TPI yang berada di kawasan purnama. Semoga menikmati perjalan di kota dumai. Don't Forget to Visit INDONESIA ..... 


0 komentar: